Minggu, 26 Agustus 2018

CONTOH TEKS PROSEDUR PEMBUATAN SIM A DAN SIM C



Tujuan

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan surat yang dikeluarkan oleh Polri sebagai tanda seseorang diizinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Setiap pengendara wajib memiliki SIM, SIM mempunyai beberapa tipe yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang ingin dikendarai, contohnya adalah SIM A dan SIM C. Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat SIM A dan SIM C di antaranya adalah usia pemohon minimal 17 tahun, pasfoto, KTP asli dan fotokopi KTP sebanyak 4 lembar, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter, dan membayar biaya registrasi dan asuransi melalui bank. Berikut ini langkah-langkah membuat SIM.


Hasil gambar untuk ilustrasi ditilang



Langkah-langkah                                                                                           

Pertama, menyiapkan dokumen. Sebelum Anda membuat SIM, siapkan dokumen diri berupa fotokopi KTP sebanyak 4 lembar. Dokumen yang lain adalah hasil tes kesehatan. Biasanya di Polres menyediakan tes kesehatan, jadi Anda tidak perlu ke rumah sakit atau klinik yang lain. Biaya tes kesehatan ini bervariasi dari Rp25.000 hingga Rp50.000.  



Kedua, silakan Anda menuju loket formulir pendaftaran, dengan menyerahkan KTP dan fotokopinya untuk dilakukan pengecekan identitas, dan serahkan pula surat keterangan sehat dari dokter. Apabila data diri dan keterangan sehat sudah lengkap, Anda akan menerima formulir pendaftaran beserta map. Isilah formulir tersebut. dengan lengkap dan benar


Ketiga, setelah mengisi formulir pendaftaran,  Anda harus menyerahkan formulir dan kelengkapanya yang telah diisi dan dimasukkan ke dalam map. Silakan Anda menuju loket penyerahan formulir. Setelah menyerahkan formulir, Anda akan memperoleh bukti penyerahan formulir.  



Hasil gambar untuk ilustrasi sim


Keempat, Anda akan menjalan tes teori, untuk tes teori berisi tentang peraturan saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Ujian teori ini menggunakan komputer, di mana Anda cukup menekan tombol pilihan jawaban dari soal yang ditampilkan di layar komputer.  Jika anda lulus, anda mendapatkan cap lulus tes teori, Jika Anda tidak lulus, harus kembali lagi mengikuti tes hingga anda dinyatakan lulus.



Kelima, langkah selanjutnya Anda harus melakukan tes praktik. Ujian praktik yang dilakukan yaitu mengendarai motor lurus, dan berhenti di belakang garis. Ujian praktik ini menguji kemampuan Anda dalam hal berhenti di belakang garis marka jalan. Selanjutnya adalah ujian balik arah 180 derajat dengan sudut yang kecil. Ujian prakek ini untuk menguji keterampilan Anda saat akan balik arah di tengah jalan. Ujian selanjutnya adalah gerakan membentuk angka lingkaran kecil, angka 8, dan zig-zag. Ujian ini menguji keterampilan Anda dalam bermanuver berbagai besaran sudut. Pada saat melakukan tes membentuk angka delapan kaki Anda tidak boleh menyentuh tanah, apabila menyentuh tanah Anda dinyatakan gagal. Untuk mobil, tesnya adalah parkir paralel, jalan zig-zag maju, mundur, tanjakan, turunan, dan kombinasi. Tes praktik harus dilakukan dengan benar, kesalahan sedikit saat mengendarai akan menyebabkan Anda tidak lulus, jika Anda tidak lulus maka Anda harus mengikuti tes praktik di kemudian hari. Jika Anda lulus tes praktik, Anda akan mendapatkan cap sebagai bukti bahwa Anda lulus ujian praktik.



Keenam, apabila Anda dinyatakan lulus ujian, baik ujian praktik dan ujian tulis, bawalah berkas Anda menuju ke loket pembayaran. Di loket pembayaran, Anda akan dilayani oleh petugas bank. Bayarlah biaya pembuatan SIM Anda. Anda harus membayar bayar registrasi pembuatan SIM yang biayanya bervariasi tergantung golongan SIM. Biaya untuk pembuatan SIM baru golongan C sebesar Rp100.000,00 sedangkan untuk golongan A sebesar Rp120.000,00. Selain membayar uang registrasi, Anda juga harus membayar biaya asuransi sebesar Rp30.000,00. Anda akan menerima bukti pembayaran yang nantinya digunakan saat pengambilan SIM.         



Ketujuh, setelah Anda membayar, bawalah berkas dan bukti pembayaran ke ruang perekaman data dan foto SIM. Setelah nomor antrean Anda dipanggil, masuklah ke ruangan foto. Pastikan diri Anda sudah siap menghadapi kamera. Foto SIM disarankan menggunkan baju berkerah. Apabila tidak berkerah, biasanya disediakan baju kemeja. Setelah pengambilan foto selesai, selanjutnya perekaman data pribadi Anda. Petugas akan membacakan atau menunjukkan pada layar monitor data diri Anda yang akan dicetak di SIM. Konfirmasikan kepada petugas bahwa data yang diketik petugas sudah benar. Selanjutnya mengambil sidik jari secara digital dan mengambil tanda tangan secara digital.



Kedelapan, Setelah semua tahap dilakukan, Anda dipersilakan menunggu sampai SIM tercetak. Nama Anda akan dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi, beserta menandatangani bukti pengambilan SIM yang merupakan akhir proses yang menyatakan bahwa SIM sudah diambil oleh pemiliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serak Taliabu

Serak Taliabu  merupakan burung hantu endemik kepulauan Sula, Maluku Utara. Burung hantu dengan nama latin  Tyto nigrobrunnea  ini hany...